Rpp Ips Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Rpp Ips Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017: Panduan Esensial untuk Mengajar IPS

Pengantar

Kurikulum 2013 Revisi 2017 membawa perubahan signifikan dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Salah satu aspek penting yang mengalami perbaikan adalah penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk Mata Pelajaran IPS. Sebagai seorang pendidik IPS, sangat penting untuk memahami struktur dan isi RPP terbaru agar dapat melaksanakan pembelajaran secara efektif di kelas 9.

Struktur RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Struktur RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 mencakup beberapa komponen utama, yaitu:

  • Identitas Sekolah, Mata Pelajaran, Kelas, Semester, dan Tahun Pelajaran
  • Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
  • Tujuan Pembelajaran
  • Materi Pembelajaran
  • Metode Pembelajaran
  • Media/Alat/Sumber Belajar
  • Langkah-Langkah Pembelajaran
  • Penilaian
  • Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Komponen Utama RPP

Kompetensi Inti (KI)

KI adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik sebagai hasil dari seluruh mata pelajaran yang dipelajari. KI terdiri dari empat aspek, yaitu:

  • KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  • KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  • KI 4: Melakukan pengolahan, penalaran, dan penyajian dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Baca Juga:   Sheila On 7 Kisah Klasik Untuk Masa Depan Lagu

Kompetensi Dasar (KD)

KD adalah kemampuan spesifik yang harus dikuasai oleh peserta didik pada setiap mata pelajaran. KD terdiri dari kompetensi pada aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

IPK adalah pernyataan perilaku yang dapat diukur dan diamati sebagai penanda pencapaian kompetensi dasar. IPK digunakan untuk menilai apakah peserta didik telah mencapai KD atau belum.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran adalah rumusan kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik setelah mengikuti pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus dirumuskan dengan jelas, terukur, dan spesifik.

Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran adalah bahan ajar yang akan disampaikan kepada peserta didik. Materi pembelajaran harus sesuai dengan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Metode pembelajaran harus dipilih sesuai dengan karakteristik materi dan kemampuan peserta didik.

Media/Alat/Sumber Belajar

Media/alat/sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan oleh peserta didik untuk mempermudah proses pembelajaran. Media/alat/sumber belajar dapat berupa buku teks, gambar, video, peta, dan internet.

Langkah-Langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran adalah urutan kegiatan yang harus dilakukan oleh pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran harus disusun secara sistematis dan jelas.

Penilaian

Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui pencapaian belajar peserta didik. Penilaian dapat dilakukan melalui berbagai teknik, seperti tes, observasi, dan tugas.

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

LKPD adalah bahan ajar yang berisi tugas atau kegiatan yang harus dikerjakan oleh peserta didik. LKPD dapat digunakan untuk melatih keterampilan dan mengukur pencapaian belajar peserta didik.

Kesimpulan

RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 merupakan panduan penting bagi pendidik IPS untuk melaksanakan pembelajaran secara efektif. Dengan memahami struktur dan isi RPP terbaru, pendidik dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum.

Baca Juga:   Cerita Timun Mas Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya

Apakah Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017? Tinggalkan komentar di bawah dan mari kita berdiskusi lebih lanjut!

FAQ

Q: Apa perbedaan utama antara RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 dengan RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017?

A: Perbedaan utama terletak pada penambahan kompetensi inti KI 4, yaitu melakukan pengolahan, penalaran, dan penyajian. KI 4 ini menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik.

Q: Bagaimana cara menyusun tujuan pembelajaran yang baik untuk RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017?

A: Tujuan pembelajaran yang baik harus dirumuskan dengan jelas, terukur, dan spesifik. Tujuan pembelajaran harus mencakup tiga aspek, yaitu aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Q: Apa saja tips untuk melaksanakan pembelajaran IPS yang efektif menggunakan RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017?

A: Beberapa tips untuk melaksanakan pembelajaran IPS yang efektif adalah:

  • Gunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan karakteristik materi.
  • Manfaatkan media/alat/sumber belajar yang relevan untuk mempermudah pemahaman peserta didik.
  • Bangun interaksi yang aktif antara pendidik dan peserta didik selama proses pembelajaran.
  • Berikan kesempatan kepada peserta didik untuk berlatih dan menerapkan pengetahuan yang dipelajari.
  • Lakukan penilaian secara berkala untuk mengetahui pencapaian belajar peserta didik dan melakukan perbaikan jika diperlukan.

Tinggalkan komentar